Minggu, 22 April 2012

Iklan SMS - Bermanfaat ataukah Menjengkelkan?


Kawanku sobat Fenomena, semakin lama semakin banyak saja media-media yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk yang kita buat. Mulai dari brosur, iklan dibalik kartu nama, iklan pada stiker yang bisa ditempelkan dimanapun, iklan pada email dan milis, sampai dengan yang terbaru yaitu Iklan SMS.

Di antara beberapa media diatas, mungkin Iklan SMS inilah yang paling baru dan akhir-akhir ini marak digunakan orang untuk mempromosikan dagangan mereka. Pertanyaannya, benarkah iklan SMS ini memang efektif dan mampu mendatangkan banyak pembeli?

Pada media periklanan lain, kendala terbesar selalu terletak pada saingan yang bahkan mungkin tidak sehat (curang alias nge-cheat ~_~). Jika anda hanya menggunakan fasilitas gratis atau semi premium maka iklan anda bisa tenggelam oleh iklan-iklan terbaru yang dipasang oleh saingan anda. Ya, anda harus menggunakan fasilitas premium untuk mendapatkan tempat terdepan agar bisa selalu di lihat oleh pengunjung yang datang ke website iklan tersebut. Tapi ini tidak murah... dan lebih parahnya jika anda sedikit saja salah mengatur strategi kata-kata iklan, maka iklan yang anda pasang akan sangat sepi dan tidak ada yang mau mengunjungi.

Nah dibandingkan dengan media periklanan lainnya, iklan SMS jauh lebih tertarget langsung pada calon konsumen, dimana kemungkinan besar iklan ini pasti dibaca oleh sang pemilik ponsel. Tapi jangan salah, justru disinilah letak permasalahan terbesar iklan SMS. Pemilik ponsel (termasuk saya) sering kali berang dengan iklan SMS ini karena kebanyakan hanyalah berisi promosi-promosi yang belum tentu di inginkan atau bahkan PENIPUAN! Saking jengkelnya, cukup banyak juga orang yang membalas iklan SMS ini dengan ejekan, cacian, bahkan Terror. Ya, iklan SMS ini 90% SANGAT MENGGANGGU PRIVASI setiap pemilik ponsel dan hanya 10% bermanfaat bagi anda.

Well... mungkin sekarang bagi anda yang baru pertama kali menggunakan layanan iklan SMS ini pasti merasa puas karena mendapat banyak balasan dari calon pembeli anda. Tapi tunggu saja nanti ada saatnya anda akan dihujat dan di maki-maki oleh sang pemilik ponsel tersebut walaupun sebenarnya bukan anda yang mengirimkan SMS secara langsung (kalau tidak langsung iya.. bukan begitu?? :p).

Saya tidak bilang iklan SMS itu sepenuhnya buruk, namun perlu ada etika dalam mengirimkan SMS iklan. Jika anda mengirimkan SMS iklan secara langsung dan berisi promosi produk, maka anda jelas-jelas tidak beretika dan tidak memperhatikan perasaan orang lain... got it? Nah, sekarang bagaimana iklan SMS yang beretika itu?

Iklan SMS yang beretika : 
  • Tidak menawarkan produk secara langsung
  • Tidak memberikan promosi tidak masuk akal
  • Tidak menggunakan huruf besar dan tulisan ala ababil (jika anda paham maksud saya...)
  • Tidak menawarkan pekerjaan / freelance yang berbayar!
  • Lebih terarah untuk menawarkan kerja sama atau mencari distributor
  • Memberikan informasi yang jelas namun singkat dan sangat berguna

Nah sekarang jika anda ingin menggunakan iklan SMS, bisakah anda memberikan sebuah iklan yang setidaknya sesuai dengan kategori diatas? Jika tidak, maka urungkanlah niat anda untuk mengirimkan iklan SMS karena ini demi kebaikan dan reputasi anda nantinya. Jika iya, segera lakukan dan jalankan rencana bisnis anda karena menunda dapat menyebabkan kemalasan, ngelamun ga jelas sampai dengan marah-marah ga jelas :p.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isikan komentar dengan Sopan dan dengan Hati :). Komentar SPAM, ataupun yang berbau tidak Sopan akan saya Hapus. Mohon pengertiannya :).